Iklim komunikasi merupakan
suatu citra makro, abstrak dan gabungan dari suatu fenomena global yang disebut
komunikasi organisasi. Diasumsikan bahwa iklim berkembang dari interaksi antara
sifat-sifat suatu organisasi dan persepsi individu atas sifat-sifat itu. Iklim
dipandang sebagai suatu kualitas pengalaman subjektif yang berasal dari
persepsi atas karakter-karakter yang relative langgeng pada organisasi.
Iklim komuikasi organisasi
terdiri dari persepsi-persepsi atas unsure-unsur organisasi dan pengaruh
unsure-unsur tersebut terhadap komunikasi. Pengaruh ini didefinisikan,
disepakati, dikembangkan dan dikokohkan secara berkesinambugan melalui dengan
anggota organisasi lainya. Pengaruh ini mengahsilkan pedoman bagi
keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan individu, dan mempengaruhi
pesan-pesan mengenai organisasi.
Unsur-Unsur
Organisasi
Unsur dasar yang membentuk
suatu organisasi terdiri dari :
1. Anggota organisasi
Yaitu, Orang-orang yang
melaksanakan pekerjaan organisasi, membentuk organisasi serta terlibat dalam
beberapa kegiatan primer. Orang-orang ini terlibat juga dalam kegiatan
pemikiran-pemikiran yang meliputi konsep-konsep, penggunaan bahasa, pemecahan
masalah, dan pembentukan gagasan. Mereka juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan
perasaan yang mencakup emosi, keinginan, dan aspek-aspek perilaku manusia
lainnya yang bukan aspek intelektual. Mereka juga terlibat dalam kegiatan self-moving
(mencakup kegiatan fisik). Dan mereka terlibat juga dalam kegiatan elektrokimia
yang mencakup brain synaps (daerah kontak otak tempat impuls saraf
ditransmisikan hanya ke satu arah).
2. Pekerjaan dalam organisasi
Pekerjaan ini terdiri dari tugas-tugas
formal dan tugas-tugas informal. Tugas-tuguas ini menghasilkan produk dan
memberikan pelyanan organisasi. Pekerjaan ini ditandai oleh tiga dimensi
universl ;
1. Isi
2. Keperluan
3. Konteks
3. Praktik-praktik pengelolaan
Tujuan primer pegawai manejerial
adalah menyelesaikan pekerjaan melalui usaha orang lainnya. Manejer membuat
keputusan mengenai bagaimana orang-orang lainnya, biasanya bawahan mereka,
menggunakan sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan mereka.
Sebagian manejer membawahi para pekerja yang beroperasi dan sebagian lainnya
membawahi manejer-manejer lainnya.
4. Stuktur Organisasi
Merujuk
kepada hubungan-hubungan antara tugas-tugas yang dilaksanakan oleh
anggota-anggota organisasi. Struktur organisasi di entukan oleh tiga variable
kunci :
1. Kompleksitas
2. Formalisasi
3. Sentralisasi
5. Pedoman Organisasi
Adalah serangkaian pernyataan yang mempengaruhi, mengendalikan dan memberi
arahan bagi anggota organisasi dalam mengambil keputusan dan tindakan. Pedoman
organisasi tersiri atas : pernyataan-pernyataan seperti cita-cita, misi,
tujuan, strategi, kebijakan, prosedur dan aturan.
Pemahaman Unsur-Unsur
Organisasi
Unsur-unsur dasar organisasi
dipahami secara selektif untuk menciptakan evaluasi dan reaksi yang menunjukan
apkah yang dimaksud oleh setiap unsur dasar tersebut dan seberapa baik
unsur-unsur ini beroperasi bagi kebaikan anggota organisasi.
Unsur-unsur organisasi tidak
secara langsung menciptakan iklim komunikasi organisasi, tetapi bergantung pada
persepsi anggota organisasi mengenai :
1. nilai
hukum dan peraturan tersebut
2. kegiatan-kegiatan
yang dikenai hukum dan peraturan tersebut
Pengaruh Komunikasi
Iklim komunikasi dapat
menjadi salah satu pengaruh yang paling penting dalam produktivitas organisasi,
karena iklim mempengaruhi usaha anggota organisasi. Usaha dalam hal ini merujuk
kepada penggunaan tubuh secara fisik dalam bentuk mengangkat, berbiara, atau
berjalan, dan memecahkan masalah.
Usaha biasanya terdiri atas
4 unsur :
1. Aktivitas
2. Langkah-langkah
pelaksanaan kerja
3. Kualias
hasil
4. Pola
waktu kerja
Kesediaan untuk melakukan
usaha sungguh-sungguh atas nama organisasi adalah satu dari tiga factor
komitmen organisasi. Kepercayaan yang kuat serta penerimaan atas tujuan serta
nilai-nilai organisasi, dan keinginan yang besar untuk mempertahankan
keanggotaan dalam organisasi adalah dua factor komitmen organisasi lainya.
Iklim komunikasi dalam
organisasi mempunyai konsekuensi penting bagi pergantian dan masa kerja pegawai
dalam organisasi. Iklim komunikasi yang positif cenderung meningkatkan dan
mendukung komitmen pada organisasi. Proses-proses interaksi yang terlibat dalam
perkembangan iklim komunikasi organisasi juga memberi andil pada beberapa
pengaruh penting dalam restrukturisasi, reorganisasi, dan dalam menghidupkan
kembali unsur-unsur dasar organisasi.
